Menu
Info, Tips dan Trik

Cara Untuk Memulihkan File yang Terhapus

  • Bagikan

Jika dibandingkan dengan menggunakan smartphone, melakukan sesuatu seperti pekerjaan kantor di komputer jauh lebih nyaman daripada melakukannya di smartphone. Sayangnya, komputer sering digunakan oleh lebih dari satu orang secara bersamaan. Akibatnya, file mungkin hilang, sehingga menimbulkan kekhawatiran yang meluas. Namun, ternyata ada cara untuk memulihkan file yang terhapus tanpa perlu menimbulkan kekhawatiran dalam prosesnya.

https://promariupol.com/wp-content/uploads/2022/04/recovery.jpg

Periksa recycle bin

Proses memulihkan file dari folder yang hilang akan lebih mudah jika file yang terhapus hanya bersifat sementara. Kuncinya adalah untuk mengawasi recycle bin. Klik dua kali ikon keranjang sampah, lalu cari file apa pun yang telah dihapus. Anda dapat memulihkan file dengan menyeretnya kembali ke folder aslinya atau dengan melakukan pemulihan.

Memanfaatkan Riwayat File

Jika tidak berhasil, Anda dapat mencoba melihat riwayat file Anda. Apalagi jika Anda menggunakan Windows 10, Anda mungkin ingin bereksperimen dengan cara mengembalikan data yang hilang. Berikut prosedurnya:

  1. Buka menu pengaturan komputer Windows 10 Anda. Login dan pembaruan otomatis di bawah bagian keamanan dan pembaruan.
  2. Kemudian navigasikan ke bagian pencadangan, tempat Anda dapat menambahkan drive.
  3. Nanti, Anda akan dapat memilih disk eksternal atau lokasi jaringan untuk menyimpan cadangan file Anda.

Tidak perlu menginstal aplikasi baru untuk memulihkan file yang terhapus di komputer ini. Ikuti petunjuk yang diuraikan di bawah ini.

  1. Ketik ‘pulihkan file’ ke dalam kotak pencarian di desktop komputer Anda. Kemudian pilih untuk memulihkan file dari riwayat file sesegera mungkin.
  2. Temukan file yang Anda cari dan klik ikon panah untuk melihat semua versi yang tersedia.
  3. Jika Anda telah menemukan versi yang diinginkan, lalu klik tombol ‘pulihkan’. Nantinya, file tersebut akan disimpan di folder asli tempat dibuatnya. Untuk menyimpan di folder lain, klik kanan ‘pulihkan’ dan pilih ‘kembalikan ke tempat yang Anda inginkan’ dari menu yang muncul.

Disk Drill

Pilihan lain adalah menggunakan bor cakram. Namun, sementara program pemulihan ini awalnya dirancang untuk pengguna Mac, sekarang tersedia juga untuk pengguna Windows. Keuntungan menggunakan utilitas ini adalah dapat menyelesaikan berbagai masalah, mulai dari hilangnya partisi hingga kegagalan booting hingga pemformatan hard drive hingga penghapusan file secara tidak sengaja.
Setiap orang tidak memiliki akses ke alat ini. Oleh karena itu, jika file yang hilang adalah penting, itu harus segera dibawa ke fasilitas perbaikan yang memiliki reputasi baik, sebaiknya yang memiliki bor disk.

Pencegahan

Simpan cadangan data Anda di cloud untuk memastikan hal ini tidak terjadi lagi. Ini akan membantu mencegah kehilangan data di masa mendatang. Anda dapat memilih antara opsi penyimpanan cloud berbayar dan gratis. Namun, paling tidak, cara ini dapat digunakan untuk memastikan bahwa file vital Anda tetap tersimpan dengan benar meskipun komputer Anda hilang.
Pencadangan file ini sebaiknya tidak hanya dilakukan di satu lokasi tetapi juga di banyak lokasi. Anda dapat menyimpannya di lokasi yang berbeda, seperti hard drive eksternal.
Mudah-mudahan, dengan memulihkan file yang hancur, Anda akan menemukan mereka untuk membantu. Pantau terus situs web kami untuk informasi terkait teknologi lainnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.