Menu
Info, Tips dan Trik

Cara Menjual Gambar di Internet

  • Bagikan

Karena kemajuan teknologi sekarang terjadi dengan kecepatan yang semakin pesat, banyak pekerjaan yang sebelumnya hanya tersedia secara offline sekarang tersedia secara online. Fotografer profesional telah bergabung dengan jajaran bisnis online yang berkembang pesat seperti ojek online. Sebab, pada kenyataannya, ini adalah bisnis yang hanya bisa dijalankan dengan dana smartphone.

https://promariupol.com/wp-content/uploads/2022/04/pexels-photomix-company-212372.jpg
Meski praktik jual beli foto lewat internet sudah ada cukup lama, namun masih banyak orang yang tidak menyadari bahwa jualan foto bisa dilakukan secara online. Sebagian besar orang masih beranggapan bahwa fotografer hanya bekerja melalui jasanya. Fotografer yang berspesialisasi dalam pernikahan dan pekerjaan lepas adalah contohnya.
Jika dibandingkan dengan memulai bisnis fotografi di luar, menjadi fotografer online memungkinkan Anda menyalurkan minat secara lebih efektif. Karena Anda tidak dipaksa untuk memotret objek tertentu atau di lokasi tertentu, menjadi fotografer online memungkinkan Anda untuk menjual foto apa pun yang menurut Anda menarik.
Seorang fotografer yang baik dengan kemampuan untuk menghasilkan gambar berkualitas tinggi diperlukan jika Anda berencana mencari nafkah dengan menjual foto di internet. Saran saya adalah bagi mereka yang baru memulai karir fotografi mereka, atau mereka yang sama sekali baru dalam industri ini.

Berikut adalah beberapa petunjuk tentang cara menjadi fotografer bagi mereka yang baru memulai:

  • Belilah kamera sesuai dengan kemampuan Anda.
    Jika Anda seorang pemula, carilah kamera yang sesuai dengan tingkat pengalaman Anda. Anda tidak perlu menggunakan kamera berkualitas tinggi dan mahal; sebaliknya, prioritaskan tugas sesuai dengan bakat Anda. Lebih baik bagi seorang pemula untuk menggunakan kamera entry-level yang dirancang khusus untuk pemula.
  • Kenali diri Anda dengan fitur dan pengoperasian kamera Anda.
    Sebelum Anda dapat mulai bekerja sebagai fotografer profesional, Anda harus terlebih dahulu mempelajari cara menggunakan kamera Anda sendiri. Setiap kamera memiliki serangkaian tombol unik yang melakukan tugas berbeda. Anda juga harus memperhatikan penggunaan mode untuk mengubah lingkungan sekitar dan menghasilkan foto berkualitas tinggi.
  • Mulai berlatih memotret gambar adalah ide yang bagus.
    Daripada mencari benda olahraga yang canggih, mulailah dengan benda-benda yang sudah ada di sekitar Anda. Botol minum, cangkir kopi, dan barang-barang lainnya termasuk dalam kategori ini. Selain itu, latih penggunaan mode, komposisi, dan pencahayaan untuk meningkatkan kualitas gambar Anda.
  • Pelajari cara menjadi fotografer profesional.
    Setelah Anda menguasai dan melakukan semua aktivitas yang tercantum di atas, Anda dapat mencoba berlatih dengan pengukur titik, membaca histogram, menggunakan mode manual, dan teknik lainnya.

Berikut beberapa contoh cara menjual gambar di internet:

  • Shutterstock adalah platform untuk menjual foto.
    Shutterstock adalah situs web penjualan gambar yang mengundang kontribusi dari siapa saja yang ingin melakukannya. Menerima siapa pun tidak berarti bahwa semua foto mereka dapat diterima; sebagai gantinya, mereka memiliki kriteria khusus untuk setiap kontributor yang ingin ambil bagian dalam kontes.
    Jika kontributor mengunggah gambar dan menjualnya melalui agensinya, Shutterstock akan memberikan kompensasi kepadanya. Demikian pula, jika pelanggan membeli gambar yang Anda kirimkan, Shutterstock juga akan memberikan kompensasi kepada Anda. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang cara menjadi kontributor shutterstock dengan mengunjungi halaman resmi shutterstock.
  • Stockfresh adalah platform untuk menjual gambar.
    Jika Anda menjual gambar di stockfresh, Anda akan menerima komisi lebih dari 50% untuk setiap foto yang diunduh pengunjung dari situs web Anda. Jika pengunjung telah berlangganan, Anda akan menerima komisi sebesar $0,35 setiap unduhan jika mereka telah melakukannya.
    Sebagai bonus tambahan, ketika pengunjung datang ke situs stockfresh dari link Anda tetapi membeli foto dari orang lain, Anda akan menerima hadiah 10 persen.. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang menjadi kontributor stockfresh dengan mengunjungi halaman resmi stockfresh.
  • Fotolia adalah platform untuk menjual foto.
    Fotolia adalah salah satu situs penjualan foto paling populer bagi mereka yang ingin menjual foto mereka. Jika Anda memutuskan untuk menjadi kontributor Fotolia, komisi yang Anda terima dari situs ini berkisar antara 20 hingga 60 persen dari harga jual gambar Anda. Dengan Fotolia, Anda dapat mencari nafkah sebagai fotografer internet yang menghasilkan banyak uang. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang menjadi kontributor fotolia dengan mengunjungi halaman resmi fotolia.

Di mana kita bisa menjual gambar di internet di Indonesia?

Proses penjualan gambar secara online di setiap situs pada dasarnya sama; anda harus terlebih dahulu mendaftar di situs tersebut kemudian mengisi formulir yang telah disediakan. Jika sudah, Anda harus memvalidasi alamat email dan mengirim gambar untuk dijual ke alamat yang diberikan.
Jika foto Anda diterima, Anda akan diakui sebagai kontributor situs, dan foto Anda akan dipamerkan. Jika Anda tidak puased dengan salah satu dari tiga situs yang tercantum di atas, Anda dapat mencoba situs jual beli foto yang tercantum di bawahnya.

Semua situs web yang menawarkan layanan penjualan foto memiliki persyaratan dan ketentuannya sendiri, jadi pastikan Anda siap untuk mematuhinya. Jika gambar yang ingin Anda jual ditolak, cobalah untuk meningkatkan keterampilan fotografer Anda sehingga Anda bisa mendapatkan bidikan yang lebih baik di masa mendatang.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.